Mimpi Ujian

I am originally a very anxious person. Anxiety is my middle name. Saya orangnya secemas itu dalam hidup. Jadi sebisa mungkin kalau mau apa-apa prepare dulu, biar ga perlu cemas nantinya. Tapi, sebagai programmer, you just can’t do that. Karena kerjaan itu berbeda-beda, dan bug atau fitur yang harus dikerjakan itu biasanya baru. It’s just very hard to be safe in this line of job. There are many variables for things to go wrong. Jadi paling bisa di prepare sedemikian mungkin sebisanya supaya ga kenapa-kenapa kerjaannya.

Belakangan ini, entah kenapa saya sering mimpi lagi mau ujian, tapi saya ga siap. Ini pas bangun ngeselin banget. Karena rasa takutnya kerasa nyata, dan pas bangun jd sedikit disoriented beberapa saat sampai kemudian sadar : “Oh iya gw kan udah ga sekolah, ga ada ujian apa-apa.”

Damn.

Saya udah tiga kali ada kali mimpiin ujian yang belum saya prepare. Pertama kali mimpi sih paling parah, karena di mimpi saya sampe bimbel sampe sore berkali-kali untuk ujian. Tapi pas hari H tiba, saya masih merasa ga bisa. Mimpi yang kedua agak lupa sih. Kalian suka gitu ga sih? Mimpi nya inget tentang apa, tapi detail nya lupa, haha. Nah yang ketiga nih agak baru, jadi masih ingat. Yang ketiga ini mimpinya saya ikut kelas kuliah beberapa kali, tapi sayanya cuek-cuek aja pas ikut kelas. Tapi pas H-1 baru inget besok ujian dan belum siap. Terus panik sendiri. Tapi semua ini cuma berujung disitu dan bangun sih. Saya memang sering begitu kalau lagi mimpi, bisa bangunin diri sendiri, LOL. Ada yang juga ga sih? Lagi mimpi terus ujung-ujungnya sadar “Ah ini mah mimpi, bangun ah bangun.”

Terus bangun, haha.

Karena penasaran, akhirnya saya google deh mimpi exam ini. Dan ternyata ini mimpi yang umum dialami banyak orang. Biasanya mimpinya antara ujiannya kelewat/telat ikut ujian, atau belum sempet prepare, seperti yang saya alami. Dari hasil pencarian, ada banyak yang memberi poin kenapa nya, tapi saya akan ambil beberapa yang bisa menjadi picu untuk saya moving forward.

  1. Ada hal penting yang kita lupa kerjakan (source : Psychology Today)
  2. Takut melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Antara kewajiban atau pilihan yang kita tau harus atau lebih baik kita lakukan, tapi kita enggan untuk melakukannya. (source : Psychology Today)
  3. Pengingat untuk tidak melewatkan kesempatan atau lebih aktif lagi dalam menentukan takdir kita (source : Psychology Today)
  4. It’s about completion. Karena waktu sekolah dulu, ujian itu adalah sesuatu yang kita hadapi pada saat kita sudah melewati suatu mata pelajaran. Maka kalau kita mimpi ujian, mungkin kita sudah menyelesaikan suatu “kelas”. Mungkin tanpa sadar kita merasa sudah siap untuk jenjang baru dalam hidup.(source : www.amycope.com)

Mimpi ujian ini capek banget, loh. Ada yang pernah mimpi ujian padahal sudah tidak lagi sekolah/kuliah atau sedang tidak menghadapi ujian?

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *