Success, Your Way

Ini adalah  secuplik dari tagline dari company lama tempat saya kerja untuk International Women’s Day tahun itu. Tapi saya setuju dengan kalimat ini. Karena sukses itu berbeda-beda, subjektif.2

What is success for you? What do you consider as ‘success’?


(source)

Oxford dictionary bilang kalau sukses itu adalah suatu pencapaian dari target atau kehendak. Jadi sukses ini adalah tercapainya target kita. Dan kita ga bisa pakai itu untuk pukul rata ke semua orang. Banyak banget orang yang bilang sukses itu bla bla bla dan pukul rata kalau ga sampai titik itu ya orang itu ga sukses. Awalnya saya juga begitu. Definisi sukses, pada umumnya, adalah menjadi bos atau kerja pada posisi/jabatan tertentu, yang menghasilkan banyak uang. Dulu saya berfikir hal yang sama.

Lalu setelah bekerja selama beberapa tahun, saya mencapai titik pemikiran berbeda.

Karena kehendak atau target hidup orang itu berbeda-beda.

Ada orang-orang yang saya follow di social media yang suka share kehidupa dan posisi/jabatan mereka sekarang. Bagaimana mereka meeting disana sini, di luar negeri, bertemu bos-bos tertentu. Mereka sukses dan bagaimana mereka come from nothing. That’s good. We need our share of motivation. Yang ga bagus adalah kalau dengan melihat post mereka, kita merasa kita kecil dan kita ga sukses. Yang lebih ga bagus lagi adalah kalau mereka merasa mereka sukses dan yang sampai titik itu adalah bukan orang sukses. Maka saat itu saya akan unfollow. Atau kalau masih butuh di-follow, dicuekin aja apa yang di share mereka mengenai sukses/ga sukses.

Target mereka memang itu. Kalau karena melihat post mereka kita merasa kecil, kita harus tinjau ulang apa sih target hidup kita dan apakah kita menuju kesana. Kalau tujuan kita adalah posisi/jabatan, apakah kita menuju kesana? Apakah karir kita di kantor akan menuju kesana? Kalau iya then good, make your way, dan jangan putus asa. Go strive and fight for that. Kalau mereka udah sampai tujuan duluan ya gapapa, emang dengan kita iri akan mempercepat jalan kita kesana? Ini juga satu hal yang selalu saya ingatkan kepada diri sendiri juga sebagai pengingat atau pernyataan.

Bahwa rasa iri tidak akan membawa kita kemanapun.

Target hidup ada banyak, ada posisi/jabatan ternama, penghasilan tinggi, hidup tanpa beban, hidup mengerjakan kesenangan hati, ataupun hidup sehat. Dan semua orang punya pendapatnya sendiri.

Mari kita semangat mencapai ataupun mempertahankan tujuan hidup yang ingin atau sudah dicapai.

Dan mari jangan mengecil-ngecilkan apa yang (menurut kita) orang lain belum capai.

Buat motivasi, ini lagu yang oke banget dari Aloe Blacc : Make Way.

Because make way, cause we’re gonna be legendary!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *