Food and Life | a blog by @gracialio

Pengalaman Menginap di Hotel Emerald Pangandaran

Libur long weekend tanggal 1 sampai 3 Juni kemarin saya dan suami jalan-jalan ke Pantai Pangandaran. Post cerita liburannya menyusul yah! Nah setelah cari-cari hotel di banyak website untuk booking hotel, kita menemukan satu yang sesuai kriteria kita, which is Hotel Emerald Pangandaran. Kriteria kita cuma tiga sih : harganya masuk budget, lokasinya di Pantai Timur yang dekat kemana-mana, dan dapat makan pagi. Pas dilihat juga dari fotonya kayanya bagus tempatnya. Jadi kita cus book hotelnya. Saya termasuk orang yang parno menyimpan atau memberi data kartu kredit di website gitu. Jadi waktu saya baca mereka bisa pay at the property, itu jadi poin plus sendiri bagi saya.

Setelah berkendara selama 5 jam dari Bandung (lumayan cepat ya), kita akhirnya sampai sekitar jam satu. Dan kebetulan kita bisa check in langsung. Mungkin karena kamarnya juga ready kali ya. Biasanya kalau kamarnya masih dipake ya ga bisa early check in. Mau gimana dong, masa suru usir yang masih pakai kamarnya, haha. Oh iya berhubung kita book dari Agoda, dapatnya di lantai satu katanya. Ya gapapa sih, we’re ok with that. Enak malah gausah nunggu-nungg lift, hehe.

Emerald Hotel Pangandaran - Front Lobby : Receptionist
The Receptionist Area

 

Emerald Hotel Pangandaran - Front Lobby : You, Me, and the Sea
Lobby Waiting Area

 

Setelah proses pembayaran dan dapat kunci kamar, kita langsung menuju kamar yang ternyata ada di ujung dekat dapur. Dan setelah masuk, eng ing eng… dapat kamar yang ranjangnya 2 queen size gitu dong, padahal mah kita nginepnya cuma berdua.

Emerald Hotel Pangandaran - The Room

 

Untuk fasilitas kamarnya standard sih, ada toiletries, teh, kopi, pemasak air, TV. Stasiun TV nya sedikit sih, tapi ya kita ga nonton TV koq biasa juga, haha. Kamarnya sendiri bersih, ranjangnya oke, bantalnya empuk pas, toiletnya bersih dan cantik. Yang kurang menurut saya adalah : ga ada kulkas dan hair dryer. Terutama kulkas sih, soalnya kita berdua lumayan suka minuman dingin gitu, jadi untuk di jalan pun bawa lumayan banyak. Udah cita-cita mau ditaroh di kulkas hotel, tapi apa daya ga ada huhu. Selain itu, yang lumayan sedih lagi itu WiFi nya putus-putus kalau jauh dari lobby. Why oh why 😢

Emerald Hotel Pangandaran - The Bathroom
The Toilet

 

Emerald Hotel Pangandaran - Toiletries
Toiletries

 

Breakfastnya sendiri lumayan, disediakan makanan tengah yang ada nasi putih, mie goreng, masakan ayam dan sayur. Selain makanan prasmanannya, ada juga ada bubur, roti dan selai/mentega dan toasternya, sereal, omelette yang dibuat langsung di tempat, jus, air putih, susu dan buah-buahan. Lumayan lengkap sih untuk sarapannya dan rasanya juga oke. Walaupun kamar kita cukup untuk lebih dari dua orang, jatah breakfast nya cuma dua loh. Makanya kita ga curiga kalau bakal dapet dua ranjang besar. Handuk yang disediakan juga cuma dua.

Emerald Hotel Pangandaran - Pool & Breakfast Area
Breakfast Area

Besoknya, kita agak senggang dan punya waktu buat main di kolam yang terletak tepat di sebelah kiri breakfast area kalau dari foto di atas. Kebetulan juga waktu itu ada floaties flamingo yang nganggur di pinggir kolam. Jadi kita pinjam buat main-main. Ingin sekali rasanya foto-foto kekinian dengan floaties huhu, tapi apa daya lagi halangan waktu itu jadi ga berenang. Kalau mau berenang disediain handuk juga, jadi ga perlu bawa yang dari kamar. Kolamnya ga terlalu besar sih, tapi lumayan kalau mau berenang dan yang jadi plus nya lagi tuh airnya bersih banget.

Emerald Hotel Pangandaran - Pool & Floaties     Emerald Hotel Pangandaran - Pool

 

Overall sih pengalaman kita nginep disini not bad at all. Staff nya juga sangat baik dan ramah. Apa yang mungkin kurang ada seperti hair dryer dan kulkas sih kita ga terlalu masalah. I usually air-dry my hair anyway. Dengan harga (saat itu) di bawah Rp. 500.000,00 per malam sih ini cukup bagus. Kamar bagus, kolam renang bersih, breakfast lumayan lengkap dan enak, dekat kemana-mana (kita literally ke pantai, cagar alam, makan seafood itu jalan kaki aja dari hotel).

Emerald Hotel Pangandaran - Front View
Front View at Night

 

Emerald Hotel Pangandaran - Front Lobby : You, Me, and the Sea At Night
Lobby Area at Night

 

I’d give them 3,7 out 5 lah, dengan perbandingan harga dan apa yang kita dapat. It actually would have been 4 out of 5 kalau aja pintu masuk kamar kita ga kaya gini :

Emerald Hotel Pangandaran - Room Entrance      Emerald Hotel Pangandaran - Room Entrance 2

 

Kan sedih aku tuh setiap mau masuk kamar. Tapi kalau pas abis di kamarnya sih biasa aja lagi sih hahaha.

Saya cari-cari akun sosial media nya ga nemu nih. Tapi kalau mau tau infonya bisa Google dengan keyword “Hotel Emerald Pangandaran” terus bakal keluar semua deh rekomendasi website-website untuk book nya. Boleh banget loh buat kalau mau nginep sekeluarga satu kamar 🙂

 

Hotel Emerald Pangandaran

Jl. Kalen Buaya No. 16 – 18, Pangandaran, Jawa Barat 46396
(0265) 630500

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *