Mencoba Ayam Turky dan Nasi Mandi di Marase, Bandung

Ini sebenarnya saya agak bingung. Dari Marase-nya sendiri tuh ejaannya ‘ayam turky’. Sedangkan saya familiarnya dengan turkey (kalkun), negara Turkey (dalam Bahasa Inggris), atau negara Turki (dalam Bahasa Indonesia). Jadi ayam turky ini apa dong?

heytheregrace.com | Rumah Makan Marase - Ayam Turky Rp 30.000,00

Berdasarkan spanduknya, ini katanya ayam dari Turky, jadi mari kita asumsikan ini ayam dari negara Turki. Dan keselanjutan post ini, mari ikuti ejaan dari restorannya aja : ayam Turky.

Anyway, Ini tempat makannya persegi panjang gitu, rapi dan luas. Ada juga ruangan dalemnya. Posisinya di jalan Cimanuk, persisnya di sebelah Vio Hotel. Kalau lagi pada main di Cisangkuy, ini juga deket banget dari situ.

heytheregrace.com | Rumah Makan Marase - Ayam Turky Rp 30.000,00 heytheregrace.com | Rumah Makan Marase - inside area 2 heytheregrace.com | Rumah Makan Marase - inside area

 

Jadi Marase ini dulunya sebelum ada menu ayam Turky tuh menu andalannya se’i sapi, dan emang papan nama di jalannya itu Se’i Sapi Marase. Tapi pertama kali kesini tuh karena penasaran dengan ayam Turky nya, jadi kita pesan ayam Turky-nya. Terus bener ga sih yang dibilangharganya cuma Rp 30.000,00? Nah itu tergantung yang kita pesan (ya iya lah ya). Tapi intinya, beneran dengan Rp 30.000,00 itu kita bisa makan nasi plus ayam Turky. Menu ayam Turky-nya bisa dilihat di bawah.

heytheregrace.com | Rumah Makan Marase - menu 2

Jadi kalau mau keluar minim yaitu Rp 30.000,00 ini kita harus pesan ayam 1/4 ekor dengan nasi rempah. Nasi rempah dan nasi mandi ini bedanya lumayan jauh ya, Rp 20.000,00! Bedanya apa? Katanya sih kalau yang nasi mandi lebih banyak bumbu-bumbuannya sewaktu dimasak jadi jauh lebih berasa daripada nasi rempah. Hubby pada akhirnya memutuskan buat pesan yang 1/2 ekor dengan nasi rempah. Dan saya pesan yang 1/4 ekor (paha) dengan nasi mandi.

Ga lama setelah pesan makanan kita dataaaang yeahh. Di Marase ini disajikannya dengan piring aluminium loh. Saya sebenarnya prefer di piring aja kalau bisa soalnya pakai aluminium ini rasa-rasa takut sobek pas makan. Makanannya disaijkan dengan salad dan juga potongan-potongan tomat.

heytheregrace.com | Rumah Makan Marase - 1/2 Ayam Turky + Nasi Rempah 2
1/2 Ayam Turky + Nasi Rempah (Rp 57.000,00)

heytheregrace.com | Rumah Makan Marase - 1/2 Ayam Turky + Nasi Rempah 3

 

Untuk nasih rempah, warna nasinya kuning. Sedangkan untuk nasi mandi, nasinya warna putih pucat.

heytheregrace.com | Rumah Makan Marase - 1/4 Ayam Turky (Paha) + Nasi Mandi 1
1/4 Ayam Turky (Paha) + Nasi Mandi (Rp 50.000,00)

 

Keduanya disajikan juga dengan sambal.

heytheregrace.com | Rumah Makan Marase - sambal

 

Kesan pertama adalah wow ayamnya gede banget hahaha. Apalagi yang porsinya setengah ekor ya woww. Ayam Turky ini walaupun ukurannya besar kaya ayam boiler, tapi tekstur dagingnya kaya ayam kampung. Ini udah dipanggang gitu, jadi rasanya paling kerasa banget di bagian luar ayamnya, dan rasanya enaaak. Berasa banget bumbunya apalagi yang udah kecoklatan-kecoklatan gitu kan. Apalagi dicocol ke sambelnya, beuh. Sambelnya sendiri ga terlalu pedas, jadi buat yang level toleransi pedasnya rendah seperti kita, ini masih bisa dimakan.

Untuk nasinya, yang nasi rempah berasa gitu rempah-rempahnya tapi ga begitu kuat. Jadi kalau dimakan sama ayamnya, ga terlalu mendominasi rasa ayamnya. Sedangkan untuk yang nasi mandi, rasa di nasinya lebih kerasa bumbunya. Agak mirip nasi hainam sih rasanya menurut saya. Dan ini saya dan hubby fifty-fifty. Saya lebih suka yang nasi mandi sedangkan doi lebih suka yang nasi rempah. Tapi beda harganya Rp 20.000,00 loh! Saya kayanya bakal pesen nasi rempah juga ke depannya. Soalnya kalau dari pesanan 1/4 potong ayam, lebih rela nambah Rp 27.000,00 untuk jadi 1/2 ekor ayam daripada nambah Rp 20.000,00 untuk ganti nasi doang, haha.

Nah, ini karena enak, kita kemarinan memutuskan buat kesini lagi. Soalnya emang bikin pengen lagi sih. Tapi untuk kali kedua ini saya pesan menu lain, yaitu se’i sapi.

heytheregrace.com | Rumah Makan Marase - Nasi Jeruk + Se'i Sapi
Se’i Sapi Marase

Sebelumnya saya pertama kali tau dan nyobain se’i sapi itu di Se’i Sapi Lamalera, dan langsung jatuh cinta sama rasanya. Jadi setiap ada menu se’i sapi tuh penasaran pengen coba.

Baca juga : Menyantap Nikmatnya Daging Asap di Se’i Sapi Lamalera

Seperti kalau pesan se’i pada umumnya, sambelnya itu banyak pilihannya. Di Marase sendiri ada banyak banget jenisnya, ada sambal eteh, sambal bawang, sambal luat, sambal mercon, sambal pete, sambal roa, sambal matah, sambal tumis garlic, dan sambal 3 rasa. Nah saya pesan yang direkomendasiin masnya : sambal eteh. Sambal eteh sendiri adalah sambal dari cabai rawit domba, katanya luar biasa pedas.

heytheregrace.com | Rumah Makan Marase - Se'i Sapi + Sambal Eteh
Se’i Sapi Marase + Sambal Eteh

Se’i nya datang dengan serundeng loh. And I looooove serundeng, senang jadinya pas se’i nya datang. Dan sayurnya (dibalik serundeng itu) ada daun hijau dan tauge, jadi bukan daun singkong seperti se’i umumnya. Porsi se’i nya agak sedikit ya sedihnya. Rasanya enak sih, dibanding se’i lain yang pernah saya coba, ini lebih tidak berbau dan lebih tidak berlemak. Sambelnya ini pedes banget btw, saya makan sedikit-sedikit banget dan tetep kepedesan.

Untuk nasinya, selain nasi putih bisa juga pilih nasi rempah atau nasi mandi, atau juga nasi jeruk. Katanya nasi jeruk ini wangi karena ditanak dengan daun jeruk. Kayanya enak gitu kan wangi-wangi nasinya, jadi saya pesan nasi jeruk.

heytheregrace.com | Rumah Makan Marase - Nasi Jeruk
Nasi Jeruk

Untuk pelengkapnya, kalau pesan se’i juga dapat kuah.

heytheregrace.com | Rumah Makan Marase - Kuah Se'i Sapi

Kuahnya standard kuah aja sih, ga spesial gimana gimana. Kalau untuk nasinya rasanya sendiri ga terlalu kencang sih, tapi emang wangi dan beraroma gitu. Cocok dimakan sama se’i nya.

Untuk minumnya, waktu pertama datang tuh saya inget banget pesan asam jawa.

heytheregrace.com | Rumah Makan Marase - Asam Jawa

Tapi waktu kedua kali kesini, ini udah ga ada, ga nemu di menunya. Jadi kita pesan yang standard yaitu es teh manis dan es teh tarik.

heytheregrace.com | Rumah Makan Marase - Es Teh Tarik heytheregrace.com | Rumah Makan Marase - Es Teh Manis

Ini minumnya keliatannya dikit ya. Tapi sumpah ga abis-abis. Sampe abis makanan abis pun minum kita ga abis-abis. Sampe mau pulang pun masih berusaha buat abisin minumnya haha.

Overall, Rumah Makan Marase ini sangat menyenangkan makanannya hehehe. Untuk yang lagi mau irit-irit pun bisa karena Rp 30.000,00 udah dapet nasi plus ayam Turky. We will totally come back 🙂

—-

Rumah Makan Marase
(check their IG here)
Jln. Cimanuk No.15 (Samping VIO HOTEL)
Minggu-Kamis: 10.00 – 22.00
Jumat-Sabtu: 10.00 – 23.00
RESERVASI 022-20529025



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *