Menyantap Nikmatnya Daging Asap di Se’i Sapi Lamalera

Pernah tau se’i itu apa ga sih? Saya baru tau waktu kemarin suami ngajak nyobain makan se’i terkenal di Bandung : Se’i Sapi Lamalera. Mengutip dari Wikipedia:

Se’i adalah daging asap yang khas berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Daging dimasak dengan kayu bakar yang berjarak jauh, sehingga bukan lidah api yang mematangkan daging, melainkan asap panas.

Kebanyakan daging yang dimasak adalah daging babi dan sapi. Nah di Se’i Sapi Lamalera, yang disajikan ada 4 jenis yaitu daging sapi, lidah sapi, iga sapi, dan ayam. Yang pasti ga ada daging babi, jadi disini halal. Buat yang ngga makan beef, disini juga tersedia se’i ayam. Topping-nya ada 5 macam, yaitu : sambal lu’at, rica-rica, sambal ijo, sambal matah, dan lada hitam. Dan ukurannya ada dua yaitu regular dan jumbo.

heytheregrace.com | Se'i Sapi Lamalera 6

Sesampainya kita kesana pertama kali, kesan pertama tempatnya adalah : rame banget. Iya, rame banget, waktu itu kita pulang kantor jadi sekitar jam 6 gitu. Hokinya kita waktu itu ada satu meja buat berdua yang kosong.

heytheregrace.com | Se'i Sapi Lamalera - Outdoor
Serame ini guys
heytheregrace.com | Se'i Sapi Lamalera 2
Ini indoor nya, rame juga!

Waktu post ini dibuat, kita udah 2 kali kesana dalam jangka waktu seminggu. Iya, senagih itu, haha. Pertama kesana kita pesan se’i daging sapi sambal matah dan se’i daging sapi lada hitam, dua-duanya porsi regular.

heytheregrace.com | Se'i Sapi Lamalera - Graphic 1

Kali kedua kita kesana, saya pesan se’i iga sapi sambal matah regular, hubby pesan se’i daging sapi sambal matah yang versi jumbo.

heytheregrace.com | Se'i Sapi Lamalera - Graphic 1

Untuk sambel matahnya, aslinya sambelnya disatuin. Tapi kita berdua gak begitu kuat makan pedas. Kita juga parno banget sama versi ‘pedes sedikit’ nya orang Bandung. Maka dari itu kita minta tolong supaya sambal matahnya dipisah. Dan boleh sih untungnya hehe. Se’i nya sendiri disajikan bareng sama tumisan daun singkong dan kuah.

heytheregrace.com | Se'i Sapi Lamalera - Kuah

Kuahnya polosan sih, tapi enak! Loh malah jadi review kuahnya dulu hahahha.

Buat dagingnya, se’i sapi nya enak banget! Kerasa banget smoked-nya dan ga kering dagingnya. Selain itu keempukannya juga pas. Kalau daging iganya, mirip sama daging sapinya, tapi lebih berasa kering dan berserat daripada yang daging sapi. Dari dua bumbu masak yang kita pilih, kita paling suka sama yang sambal matah. Sambalnya masih seger banget, dan boleh dipisah. Soalnya kita suka kepedesan kalau pesen yang pedes-pedes di Bandung ini. Setiap makanan yang ada levelnya, kita dulu sering pesen level 1 aja, atau pesan ‘pedas dikit’, tapi jatohnya kita tetep kepedesan, haha. Jadi biar aman, kita selalu minta dipisah sambelnya.

heytheregrace.com | Se'i Sapi Lamalera - Se'i Daging Sapi Sambal Matah (Jumbo)
Se’i Daging Sapi Sambal Matah (Jumbo)

 

heytheregrace.com | Se'i Iga Sapi Sambal Matah
Se’i Iga Sapi Sambal Matah (Regular)

Buat yang lada hitamnya, disajikan dengan bawang bombay, dan lebih ke dioseng pake lada hitam. Jadi bukan lada hitam yang di Chinese food gitu yang ada kuahnya. Ini tetap kering se’i nya.

heytheregrace.com | Se'i Sapi Lamalera - Se'i Daging Sapi Lada Hitam (Regular) 2
Se’i Daging Sapi Lada Hitam (Regular)

Se’i ini juga per porsinya disajikan dengan daun singkong. Saya ini agak kurang nge-fans sama sayur mayur, karena biasanya ada rasa pahit-pahit gitu. Nah tapi, saya doyan nih sama daun singkongnya, sampe abis saya makan ini. Saya rasa emang cocok banget kombinasi se’i dan sayur daun singkong ini.

heytheregrace.com | Se'i Sapi Lamalera - Se'i Daging Sapi Sambal Matah (Regular) 2

Buat porsinya, kita juga sempat cobain yang jumbo. Dan… ga abis dong, haha. Buat kita sih kebanyakan kalau pesan yang jumbo. Masih sisa 1/3 dan akhirnya kita minta bungkus buat bawa pulang. Perbandingannya bisa dilihat lagi di foto bawah ini :

heytheregrace.com | Se'i Sapi Lamalera 8
Jumbo vs Regular

Buat minumnya, kemarin kita sempat pesan Es Teh Sereh Manis, yang mana surprisingly serehnya kerasa banget!

heytheregrace.com | Se'i Sapi Lamalera - Teh Sereh
Es Teh Sereh Manis

 

Overall, saya rekomen banget makan disini. Kita doyan banget, se’i nya enak banget dari rasa dan teksturnya. Oh iya nasi putihnya agak sedikit sih, jadi mungkin buat yang doyan makan nasinya harus dua hehe. Next time nya saya mau banget coba daging ayam atau rasa cabe ijo. Ayok dicoba guys!

Adios!

Sei Sapi Lamalera
Se’i Sapi Asap khas Kupang
Jl.Bagus rangin no.24a
.
Buka Setiap Hari
10:00 – 22:00
.
0821 1550 7836
seilamalera.com

heytheregrace.com | Se'i Sapi Lamalera - Menu
Menu Se’i Sapi Lamalera


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *